Memahami 3 Macam Kebenaran

Dari buku yang saya baca menjelaskan, dalam hidup ada tiga macam kebenaran. Personal Truth (Kebenaran Pribadi), Political Truth (Kebenaran Politk), dan Objective Truth (Kebenaran Objektif).

Memahami perbedaan ketiganya akan membuat kita lebih kritis dalam menerima dan membagikan informasi.

Lalu, apa perbedaan dari ketiga macam kebenaran tersebut?

Personal Truth

Personal Truth adalah kebenaran yang sangat dipengaruhi oleh personal bias kita masing-masing. Bisa jadi karena cara kita dibesarkan, latar belakang keluarga, dan kepercayaan.

Political Truth

Political Truth adalah sesuatu yang kurang akurat, tapi diterima oleh publik sebagai kebenaran karena pengulangan yang sering.

Objective Truth

Objective Truth adalah kebenaran yang bisa dibuktikan secara ilmilah, bisa diuji berkali-kali dan hasilnya sama. Dan ini yang bisa kita sebut dengan Fakta.

Setiap dari kita mempunyai bias masing-masing, dan tugas kita adalah menyadari bias itu. Boleh kita percaya bahwa bumi itu datar ataupun bulat, tapi yang menjadi masalah adalah ketika kita menggunakan personal truth untuk sesuatu yang seharusnya diselesaikan secara objektif dengan sains. Uji sains telah membuktikan berkali-kali bahwa bumi itu bulat.

Yang lebih berbahaya adalah ketika kita memaksakan personal truth kita walaupun objective truth telah membuktikan mana yang benar dan yang salah. Jangan sampai berfikiran dan menganggap bahwa pemikiran kita lebih baik dari orang lain.

Dari penjelasan diatas, yang terpenting adalah ketika kita sedang ngobrol bersama teman ataupun saudara, berbagi prespektif dan mencerna informasi dari media, pahami yang mana personal truth, polotocal truth, dan objective truth.

Ada banyak contoh-contoh penerapan kebenaran tersebut, misal orang tua kita berprofesi sebagai dokter menggap dokter adalah pekerjaan terbaik, dan masih banyak lagi.

Sumber: you do you (book)

Default image
Ryan Rizky Diantoro
Saya seorang Linux System Administrator

Leave a Reply